Virtual Reality (VR) adalah teknologi modern di mana seseorang diberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman kehidupan nyata dari dunia virtual yang mungkin mirip atau tidak mirip dengan dunia nyata. Realitas virtual didasarkan pada kombinasi lanjutan dari perangkat lunak dan perangkat keras. Ada banyak aplikasi VR di berbagai bidang seperti teknik, game, pendidikan, media, kedokteran, film, dan bidang lainnya. Teknologi VR masa kini menggunakan lingkungan multi-proyeksi atau headset VR untuk menghasilkan suara, gambar, dan sensasi lain yang seperti aslinya yang mensimulasikan kehadiran fisik pengguna di dunia simulasi.
Siapapun yang menggunakan peralatan VR praktis dapat menjelajahi dunia virtual dan juga mampu berinteraksi dengan objek atau struktur virtual.

Realitas virtual mengintegrasikan video dan umpan balik aural, tetapi dengan bantuan teknologi haptic, umpan balik gaya, dan jenis sensorik lainnya diperbolehkan. Alih-alih melihat tampilan di depan mereka, orang-orang tenggelam dan diizinkan untuk berkomunikasi di dunia virtual. Dengan mereplikasi berbagai indera, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, dan sentuhan, mesin menjadi fasilitator untuk lingkungan buatan ini.
Akhir-akhir ini, banyak industri memperoleh tingkat baru komitmen pelanggan dengan memanfaatkan teknologi VR dan, karenanya, reputasinya telah meningkat selama bertahun-tahun. Selain itu, dengan penurunan bertahap dalam harga perangkat VR, ketersediaan teknologi realitas virtual meluas ke audiens yang lebih luas, yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang bagi lebih banyak audiens untuk mengalami fenomena yang tidak duniawi di rumah mereka sendiri.

kelebihan VR

Sejak pertengahan 1400-an, istilah “virtual” telah digunakan untuk mengartikan sesuatu yang cukup jujur untuk menghasilkan efek apa pun, tetapi tidak secara fisik. Sejak tahun 1959, dalam pengertian komputer, virtual disebut muncul dengan bantuan perangkat lunak, tetapi secara fisik tidak ada setelahnya. Mirip dengan jenis keahlian lainnya, ada Kelebihan dan Kekurangan tertentu dari realitas virtual, dan artikel ini ditujukan untuk membahas beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut secara singkat di bawah.

Kelebihan Virtual Reality

Teknologi VR  ini memang memiliki beberapa manfaat, dan beberapa area telah terkena dampak positif dari penerapan teknologi ini. Berikut adalah Beberapa kelebihan virtual reality :

Lebih dari Nyata
Realitas virtual, sebagai perbandingan, menawarkan visual yang jauh lebih baik yang memberi pengguna perasaan berada di dunia yang berbeda saat bermain game, atau menonton pemandangan, dll. Bermain game menggunakan pengontrol VR memberi pengguna kesan benar-benar berada di dalam game. mengalami setiap gerakan seolah-olah nyata dengan semua efek visual dan suara bersama dengan sensasi lain yang tak terhitung jumlahnya.

Latihan / Simulasi yang Aman
Di antara manfaat luar biasa lainnya yang tak terhitung jumlahnya dari teknologi VR, dapat dikatakan bahwa kesempatan untuk melakukan pelatihan dan praktik dengan mensimulasikan operasi dunia nyata yang berpotensi berbahaya seperti operasi, pertempuran, penerbangan, dll., Akan menjadi keuntungan praktis terbaik dari teknologi ini. Seseorang dapat dengan mudah belajar melakukan operasi, menerbangkan pesawat, dan banyak lagi lainnya tanpa mempertaruhkan nyawa mereka dan / atau orang lain.

Tampilan Detail
Merencanakan liburan bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan, dan jika lokasi yang direncanakan tidak berjalan sesuai harapan, itu pasti akan memperburuk suasana hati seseorang. Tetapi dengan teknologi VR seseorang dapat dengan mudah mendapatkan tampilan yang detail dan tajam dari setiap lokasi wisata dan memutuskan apakah perjalanan tersebut sepadan dengan waktu dan usaha mereka.

Memudahkan Aktivitas
Realitas virtual sangat berguna dalam aktivitas sehari-hari kita seperti berbelanja. Misalkan Anda sedang berbelanja desain interior untuk rumah Anda. Namun, hanya dengan melihat desain tidak membuatnya lebih mudah untuk memutuskan pasangan yang cocok dan dengan demikian muncul situasi yang membingungkan. Kebingungan semacam itu dapat dengan mudah ditangani dengan menggunakan realitas virtual untuk menyatukan desain dan interior rumah Anda untuk keputusan yang berpengalaman.

Peningkatan Kemungkinan Belajar
Dengan menggunakan teknologi VR, dokter dapat memahami kualitas baru obat apa pun dan menentukan efek sampingnya, memberi mereka gambaran yang jelas tentang hasilnya. Bidang seperti penulisan konten dan pengeditan juga dapat memanfaatkan teknologi VR dengan memudahkan dalam mendeteksi kesalahan melalui pengaturan perangkat lunak tertentu.

Kekurangan Virtual Reality

kelebihan virtual reality

Terlepas dari banyaknya kelebihan VR yang ditawarkan oleh teknologi VR, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan ketika mempertimbangkan jenis teknologi ini. Berikut adalah beberapa kekurangan Virtual Reality.

Tidak Bebas
Tidak seperti sistem dunia nyata, realitas maya tidak menawarkan fleksibilitas dalam membuat perubahan pada urutan program yang telah ditentukan sebelumnya. Katakanlah seseorang ada di kelas dan ingin mengajukan beberapa pertanyaan, di dunia nyata mereka bebas melakukannya serta memberikan saran, tetapi di dunia maya hal itu tidak mungkin dilakukan.

Bisa Terobsesi
Siapa pun bisa terobsesi dengan apa pun jika mereka terlibat dalam waktu yang lebih lama. Ini terutama terjadi ketika sesuatu yang menakjubkan seperti realitas virtual diperhitungkan. Banyak yang cenderung menyukai game yang mengizinkan kekerasan dan aktivitas ilegal lainnya, namun jika itu berubah menjadi kecanduan kemungkinan besar mereka akan melakukan kejahatan di dunia nyata.

Mahal
Terlepas dari kesenangan dan pengalaman luar biasa yang disediakan oleh teknologi VR, tidak semua orang mampu memberikan teknologi yang sama karena harganya tidak murah. Terlepas dari penurunan harga selama bertahun-tahun, teknologi ini masih belum cukup murah untuk terjangkau oleh sebagian besar populasi.

Terisolasi
Setelah menghabiskan banyak waktu di dunia virtual, mereka menjadi kecanduan dan cenderung lebih menikmatinya di sana daripada di dunia nyata. Sehingga, mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temannya di dunia maya seperti di dalam game. Hal ini akhirnya membuat mereka menjadi terisolasi dari dunia nyata.

Tidak Nyata
Seseorang selalu dapat berlatih untuk melakukan operasi atau menerbangkan pesawat, menggunakan teknologi VR sampai batas tertentu. Tetapi pelatihan di dunia virtual dan dunia nyata adalah hal yang sama sekali berbeda. Mereka mungkin tidak bisa memberikan yang terbaik saat dihadapkan pada dunia nyata karena setiap tindakan yang mereka lakukan akan memiliki konsekuensi yang nyata.

Akhirnya, setelah memahami semua kelebihan dan kekurangan teknologi VR, seseorang harus memahami arti dari dunia virtual dan karakteristiknya. Singkatnya, orang dapat mengatakan bahwa realitas maya bisa mencengangkan dan mendidik, dan juga dapat membantu mengurangi stres yang menumpuk dengan memberi mereka kegembiraan mengunjungi dunia lain secara virtual.

Tak perlu dikatakan, ini sangat mahal dan dapat dengan mudah menyebabkan beberapa orang kecanduan juga. Kecanduan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti depresi, kecemasan, dll. Seseorang tidak dapat menyempurnakan keterampilan mereka terlepas dari jumlah pelatihan yang mereka lakukan di dunia maya, dan dengan demikian pengalaman yang diperoleh di sana tidak akan pernah dianggap nyata atau cukup.