Biasanya orang yang barusan membeli HP baru akan kebingungan ketika ingin melihat arsip chat WA dari HP lamanya. Ada cara pindah WA ke HP baru yang praktis tanpa harus kehilangan chat atau pesan-pesan penting lainnya.

Whatsapp merupakan aplikasi chat yang sudah populer dan hampir semua orang telah menggunakannya. Untuk bisa memindahkan whatsapp ke smartphone yang baru, dibutuhkan nomor telepon yang masih aktif dan harus sama dengan login awalnya. Jika kamu berniat untuk memindahkan seluruh data Whatsapp dari HP lama ke HP yang baru, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Cara Pindah WA ke HP Baru

Buat Backup Data

Secara default aplikasi whatsapp kini telah secara otomatis akan melakukan backup data-data penting setiap harinya yang bisa kamu akses melalui file manager.

Sayang nya beberapa pengguna WA ada yang mematikan fitur auto backup ini sehingga akan menjadi kendala saat ingin melakukan pindahan data WA ke HP baru.

Jika kamu termasuk orang yang telah mematikan fitur penting ini, silahkan nyalakan kembali fitur auto backup sebelum memindahkan data ke smartphone yang baru.

Cara mengaktifkan kembali fitur auto backup sangat mudah, pada aplikasi Whatsapp, silahkan masuk ke menu settings -> Chats -> Chat backup. Ganti opsi nya yang semula berstatus “never” menjadi “daily”, atau bisa juga langsung menekan tombol “BACK UP” sekarang juga.

Ada beberapa pilihan saat melakukan proses backup data-data WA ke Google Drive. Kamu bisa melakukan backup hanya chat text penting saja tanpa video, atau bisa juga dengan video. Pilih sesuai kebutuhan karena masing-masing orang akan memilih opsi yang berbeda.

Cara pindah WA ke HP baru

Setelah pengaturan WA pada HP lama telah beres, kini kita tinggal masuk ke cara pindah WA ke HP baru dengan melakukan persiapan pada pengaturan pada HP yang baru.

Pada HP baru, silahkan unduh dan install aplikasi Whatsapp terlebih dahulu. Gunakan nomor yang sama dengan HP lama saat melakukan verifikasi nomor telepon. Secara otomatis Whatsapp akan melakukan verifikasi dengan metode kiriman kode OTP. Kode itu akan dikirim melalui pesan singkat SMS dan secara otomatis Whatsapp sudah bisa mendeteksi SMS itu untuk melakukan verifikasi OTP.

Pastikan juga kamu telah login pada HP android yang baru dengan alamat email Gmail yang sama persis dengan alamat email pada HP lama. Dengan demikian aplikasi Whatsapp pada HP yang baru ini secara otomatis akan mendeteksi adanya file backup WA pada google drive.

Whatsapp akan memberikan opsi untuk melakukan backup data ke HP baru atau tidak. Tekan tombol “restore” jika kamu ingin data-data chat WA yang ada pada HP lama bisa muncul lagi ke HP android yang baru.

Selesai, jika berhasil maka kamu akan segera melihat arsip chat-chat yang lama pada inbox whatsapp di HP android yang baru. Namun seandainya gagal dan chat sama sekali tidak muncul, sebaiknya perhatikan apakah langkah-langkah saat melakukan backup sudah benar ?

Untuk mengantisipasi kegagalan seperti ini, sebaiknya jangan langsung menghapus atau uninstall aplikasi WA pada HP yang lama. Terlebih jika data-data chat itu sangat penting, lakukan kembali proses backup ke google drive. Pastikan juga data-data video nya ikut ter-backup agar bisa muncul kembali ke smartphone yang baru.

Cara Pindah WA ke HP Baru diatas tentunya sangat praktis dan mudah, karena dapat menghemat waktu terutama jika data-data chatnya sudah sangat banyak.