Cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung sangatlah mudah karena sudah ada fitur bawaannya. Kamu tidak perlu lagi repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Samsung telah menyediakan fitur “hide app” hampir pada semua varian produk smartphone nya yang sudah menggunakan Android Nougat 7.0 keatas.

Nah, jika kamu sudah menggunakan HP Samsung dengan sistem operasi Android versi 7 keatas maka tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Namun untuk HP samsung yang OS nya masih menggunakan Marshmallow atau Lollipop maka solusinya bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak terlihat.

Aplikasi menyembunyikan file di HP Samsung

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba yaitu aplikasi yang bernama Secure Folder. Aplikasi Secure folder mampu menyembunyikan file-file tertentu yang tidak ingin kamu tampilkan secara default.

Jika belum terpasang di HP Samsung, kamu bisa menginstall aplikasi Secure folder dari google play store terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan bahwa developer aplikasi ini berasal dari Samsung sendiri yang resminya bernama Samsung Electronics Co., Ltd. Jadi pastikan ketika kamu mencari aplikasi secure folder melalui google play store jangan sampai salah pilih dengan aplikasi lain yang mirip-mirip.

Secure Folder hanya kompatibel dengan HP Samsung saja, jadi untuk merk lain meskipun sudah menggunakan android 7 atau versi atasnya tetap tidak akan bisa kompatibel.

Dengan aplikasi buatan Samsung ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyembunyikan semua aplikasi yang sifat nya pribadi.

Samsung memang perusahaan yang sangat memikirkan segala kebutuhan user nya. Hal ini terbukti dengan tingkat kemanan pada platform Samsung Knox untuk membuat folder terenskripsi agar privasi penggunanya bisa terjaga rapat. Berikut ini langkah-langkah cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung menggunakan Secure Folder.

Syarat dan cara pakai aplikasi Secure Folder

Langkah pertama yaitu silahkan buka play store terlebih dahulu dan install Secure Folder ke HP Samsung yang kamu gunakan.

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi secure folder buatan samsung ini membutuhkan beberapa syarat yang harus kamu setujui sebelum bisa menggunakannya secara penuh.

Beberapa izin yang diperlukan yaitu membutuhkan akses ke telepon, kalender, kontak, dan penyimpanan. Setujui semuanya itu sebelum kamu bisa menggunakan aplikasi secure folder.

Setelah itu silahkan masuk ke menu pengaturan atau Setting dan silahkan cari menu yang bernama “Lock Screen & Security”.

Selanjutnya akan muncul tampilan beberapa menu dan silahkan pilih menu yang bernama “Secure Folder”. Akan muncul beberapa instruksi yang bisa kamu baca dan setelah itu klik tombol next.

Atau bisa juga langsung klik tombol skip dan kemudian klik tombol start untuk melewati halaman tersebut.

Pada halaman berikut nya akan muncul formulir login akun Samsung yang harus kamu isi. Masukan atau cek data akun samsung tersebut dan jika sudah yakin benar bisa langsung menekan tombol Confirm.

Langkah selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi atau membuat password agar tidak sembarang orang bisa membuka folder tersebut. Ada beberapa pilihan seperti Pattern, Pin, Password, Fingerprints, atau Iris Scanner yang bisa kamu pilih.

Setelah password jadi, kemudian buka menu aplikasi App drawer. Klik tombol Add apps untuk memilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan melalui secure folder.

Pilih dan tekan beberapa detik ikon aplikasi yang ingin kamu sembunyikan sampai muncul tanda centang. Lalu klik Add dan selesai, aplikasi sudah menghilang. Dan jika sewaktu-waktu kamu ingin memunculkan aplikasi tersembunyi supaya bisa terlihat lagi, kamu cukup buka lagi secure folder dan masukan password yang telah kamu buat tadi.

Berikut diatas sedikit tutorial tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung semoga dapat bermanfaat bagi menjaga privasi Anda yang menggunakan smartphone samsung.