Saat membeli HP baru biasanya pasti sudah ada aplikasi bawaan yang tidak semuanya terpakai. Ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan HP supaya bisa lebih menghemat memori penyimpanan. Untuk menghapus aplikasi yang telah terinstall pada HP secara umum sebenarnya cukup mudah. Sebab sudah ada menu pilihan tombol delete atau uninstall yang tinggal kamu pencet untuk proses eksekusinya.

Sayangnya kebanyakan orang ternyata masih bingung ketika ingin menghapus aplikasi bawaan HP yang biasanya tidak pernah terpakai atau tidak penting sama sekali. Pada aplikasi bawaan yang sudah ada sejak pertama kali HP dinyalakan biasanya sama sekali tidak ada opsi atau pilihan tombol uninstall.

Meskipun tidak ada pilihan tombol uninstall atau tombol delete, bukan berarti tidak ada cara menghapus aplikasi bawaan HP. Kamu hanya butuh mempelajari sedikit trik saja agar aplikasi bawaan tersebut sudah bisa terhapus dari sistem operasi smartphone nya.

Cara menghapus aplikasi bawaan HP yang tidak penting

1. Menggunakan CCleaner

Bagi pengguna smartphone Android, silahkan buka dahulu google play store dan cari aplikasi yang bernama CCleaner. Aplikasi ini bisa menjadi solusi yang praktis untuk menghapus aplikasi bawaan, terutama untuk aplikasi yang tidak pernah terpakai sama sekali.

menghapus aplikasi dengan CCleaner

Setelah CCleaner berhasil terinstall ke HP Android kamu, silahkan buka aplikasi tersebut untuk memulai proses penghapusan aplikasi yang tidak di inginkan.

Tekan tombol garis tiga pada pojok atas kiri dan pilih app manager. Selanjutnya pilih tab “system” dan cari ikon tong sampah untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut satu per satu. Akan ada pesan pop-up ketika hendak melakukan penghapusan yang isinya tentang peringatan. Abaikan saja pesan tersebut dan selanjutnya tekan tombol continue.

Perlu kamu ketahui bahwa ada risiko ketika ingin menggunakan cara menghapus aplikasi bawaan hp terutama pada beberapa merk HP android. Berhasil gagalnya cara ini menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Centang aplikasi mana saja yang ingin kamu hapus dari sistem operasi HP android kamu dan jika sudah tekan tombol unsinstall untuk menyelesaikan proses penghapusan.

2. Mematikan Aplikasi bawaan lewat Settings

Cara menghapus aplikasi bawaan hp selanjutnya, jika tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, kamu bisa langsung menghapusnya lewat pengaturan atau settings yang sudah ada pada masing-masing HP.

Baik menggunakan aplikasi CCleaner atau menggunakan menu Settings sama-sama tidak butuh root HP dahulu. Sehingga untuk pemula yang baru menggunakan android tidak perlu lagi repot atau mengambil resiko gagal root HP.

cara menghapus aplikasi bawaan hp

Aplikasi bloatware bisa hilang dengan cara mematikan nya langsung dari menu pengaturan bawaan HP android. Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan lewat settings memang tidak akan membuat memori lebih leluasa. Meskipun demikian cara ini dapat meningkatkan performa HP secara keseluruhan agar tidak lambat terutama saat multitasking.

Buka menu settings dan cari menu “Apps” dengan cara scroll sampai kebawah atau sampai tampak di layar. Tap menu tersebut dan berikutnya pilih opsi “Manage Apps”.

Selanjutnya akan tampak berbagai aplikasi bawaan yang ingin kamu Uninstall atau nonaktifkan. Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu matikan dari sistem android. Perlu kamu perhatikan bahwa cara ini hanya mematikan aplikasi bawaan supaya tidak nampak lagi atau tidak aktif lagi pada menu layar.

Jika kamu reset sistem operasinya atau yang biasa kita kenal dengan istilah factory reset. Maka aplikasi ini akan muncul kembali dan kamu harus mematikannya lagi secara manual. Meskipun tidak hilang permanen, setidaknya aplikasi bawaan hp yang tidak berguna ini dapat mengurangi beban memori pada internal HP android kamu.

Berikut diatas sedikit ulasan singkat tentang cara menghapus aplikasi bawaan hp semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika kendala masih belum terselesaikan Anda bisa langsung menanyakan informasi tersebut dengan menggunjungi service center di tempat terdekat. Memang terkadang aplikasi bawaan hp beberapa memang permanen dan tidak bisa dihilangkan.